Friday, November 30, 2018

Pengertian dan Peran Advokad


      Kata advokad secara etimologis berasal dari bahasa latin advocare, yang berarti  to defend, to call one's aid to vouch or warrant. sedangkan dalam bahasa inggris advokad berarti to speak in favourrof or depend by argument, to support, indicate, or recomended publicy.

 
 Advokad adalah oran yang mewakili klien nya untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan surat kuasa yang diberikan untuk pembelaan atau penuntutan pada acara persidangan dipengadilan atau  beracara dipengadilan.
      Menurut pasal 1 ayat (1) UU No 18 Tahun 2003, advokad adalah orang yang berprofesi mmberikan jasa bantuan hukum, baik didalam maupun diluar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan pada undang-undang ini. selanjutnya dalam undang-undang advokad ini bahwa advokad adalah penegak hukum yang memiliki kedudukan setara dengan penegak hukum lainya, seperti Hakim, Jaksa, Dan Polisi.
      Peran advokad dalam pemberian jasa hukum litigasi dipengadilan pada dasarnya harus dartikan sebagai upaya memberi bantuan hukum kepada orang yang sedang beracara dimuka peradilan. hal itu dimaksudkan agar pemeriksaan dan peradilan dapat berjalan dengan tertib, baik dan lancar sesuai dengan hukum acara yangberlaku ia juga dimaksudkan untuk mewujudkan keadilan secara nyata berdasarkan hukum materil yang berlaku, sehubungan dengan perkara yang diperiksa. perkara tersebut kemungkinan bisa berupa sengketa antara pihak atau permohonan yang diajukan oleh seorang pemohon.
     Advokad adalah profesi yang mulia dan terhormat ( Officium Nobillium), karena ia dapat menjadi mediator bagi para pihak yang bersengketa tentang sesuatu perkara, baik perkara yang berkaitan dengan pidana, perdata, tata usaha negara, maupun perkara hukum lain nya. advokad juga dapat menjadi fasilisator dalam hala memberikan pembelaan hukum yang bersifat bebas dan mandiri.



No comments:

Post a Comment

Kelahiran Badak Sumatra di Taman Nasional Way kambas

Seekor anak Badak sumatera berkelamin jantan telah lahir di Suaka Rhino Sumatera (SRS) - Taman Nasional Way Kambas pada hari Sabtu tanggal 2...