Thursday, November 29, 2018

Ilmu Kepengacaraan (Advokasi)

     Hampir setiap hari kasus hukum selalu menghiasi media masaa. mulai dari kasus korupsi, kasus pembunuhan, kasus pemerkosaan, penipuan, pelanggaran HAM, Wanprestasi, dan lain sebagainya. tidak dipungkiri bila persoalan tersebut erat kaitannya dengan peran seorang Advokad. profesi Advokad adalah profesi yang mulia yang berani bertindak menegakan hukum keadilan dan menjungjung tinggi nilai-nilai kejujuran didalam menjakankan tugas dan profesinya.

     Perkara hukum dengan seorang advokad merupakan dua hal yang saling berkaitan dan saling bertautan. ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. disetiap perkara hukum yang terjadi dikalangan masyarakat, perlu adanya keikutsertaan seorang Advokad. sangat penting seiring dengan meningkatnya kesadaran hukum masyarakat serta kompleksitasnya tentang masalah hukum.

    Advokad adalah merupakan profesi yang memberi jasa bantuan Hukum. jasa hukum yang diberikan meliputi konsultasi Hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela, dan melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum klien nya sebagai penerima jasa hukum, sesuai dengan ketentuan pasal  1 ayat (2) UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokad.

     Advokad termasuk profesi yang mulia, karena ia dapat menjadi mediator bagi para pihak yang bersengketa tentang suatu perkara hukum. ia juga dapat menjadi fasilisator dalam mencari kebenaran dan menegakan keadilan untuk membela hak asasi manuasia dan memberikan oembelaan hukum yang bersifat bebas dan mandiri.

     Meskipun profesi ini menimbulkan pro dan kotra di masyarakat terkait dengan peran nya dalam memberikan bantuan jasa hukum, pada kenyataan nya pemberian jasa hukum melalui Advokad bagi setiap warga negara telah berlangsung sejak lama. hal ini dimaksudkan untuk mencari kebenaran dan menegakan keadilan serta menunjungjung tinggi supremasi hukum untuk menjamin terselenggaranya negara hukum negara Kesatuan Republik Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Kelahiran Badak Sumatra di Taman Nasional Way kambas

Seekor anak Badak sumatera berkelamin jantan telah lahir di Suaka Rhino Sumatera (SRS) - Taman Nasional Way Kambas pada hari Sabtu tanggal 2...