Wednesday, December 26, 2018

Niat Baik

"Memiliki Niat Baik Dalam Melakukan Kegiatan"

Niat adalah suatu fondasi penting dalam melakukan kebaikan. seseorang muslimah yang berbuat kebaikan namun niat nya keliru, belum terhitung berbuat kebaikan nya di sisi allah swt. misalnya membantu tetangga yang anaknya belum membayar sekolah. meski perbuatan terasebut tergolong baik, namun jika niatnya keliru, misalnya ingin dipuji atau agar dianggap orang yang dermawan, maka amalan nya sia-sia disisi allah swt.

"Barang siapa berniat melakukan  kebaikan namun belum dapat melaksanakannya, allah telah menuliskan penuh satu kebaikan disisinya."

oleh karena itu, membangun niat merupakan sesuatu yang penting, sebagaimana disebutkan dalam hadist, "Segala amal itu bergantung niatnya dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya" (HR. Bukhari dan Muslim) 


        Dalam urusan duniawi pun jika diniatkan untuk mencari rida allah, akan berbuah pahala. misalnya seseorang muslimah yang membuka usaha kecil-kecilan dirumah. usaha tersebut dilakukan dengan niatan ibadah untuk menambah penghasilan agar kebutuhan keluarga tercukupi dengan layak. niatan mulia tersebut akan bernilai pahala kebaikan di akhirat.

        Contoh lain, seorang muslimah meliki keahlian tertentu, misalnya menjahit kemudian mengajarkan keahliannya tersebut kepada orang lain. jika diniatkan ibadah, yaitu untuk memberi bekal pengetahuan kepada sesama, perbuatannya tersebut akan bernilai pahala.


Sumber dari buku karya:  Abdillah F. Hasan, Muslimah Mendulang Pahala Tanpa Batas, Jakrata : PT Elex Media Kompetindo Kompas-Gramedia, 2015.

No comments:

Post a Comment

Kelahiran Badak Sumatra di Taman Nasional Way kambas

Seekor anak Badak sumatera berkelamin jantan telah lahir di Suaka Rhino Sumatera (SRS) - Taman Nasional Way Kambas pada hari Sabtu tanggal 2...